12.23.2011

Didalam Hujan Ada Masa Lalu


Kemarin-kemarin ada teman saya main kekosan sambil mengerjakan tugas kuliah, dia asik dengan tugasnya, saya pun asik dengan gitar kesayangan. Setelah beberapa jam tugas dia pun selesai, akhirnya terjadilah percakapan diantara kita. Kebetulan waktu itu lagi hujan lebat, obrolan pun sangat panjang sambil menunggu hujan reda, soalnya dia mau pulang. hehe
Diantara obrolan itu ada satu kalimat yang membuat saya tertarik, dia bilang "Setelah hujan turun, tanah, ilalang, rerumputan akan mengeluarkan bau wangi yg khas". Setelah saya cari-cari ternyata bau yang khas itu dinamakan 'petrichor'. Petrichor adalah suatu zat atau senyawa yang dikeluarkan oleh bebatuan tumbuhan dan tanah. Kebetulan saya kuliah di bandung, jadi setelah hujan yang ada malah bau asam, mungkin sudah tercemar oleh limbah-limbah pabrik, untuk yang di pegunungan atau dipedesaan coba kalian rasakan bau setelah hujan.

Yang anehnya lagi yang saya rasakan yaitu kalau hujan datang dan melihat hujan turun suka teringat masa lalu, sejenak saya berpikir dan hatipun ikut berbicara "Didalam hujan terdapat memori yang mengingatkanku pada masa lalu", kalian pun pasti pernah merasakan akan hal itu. Dan ketika saya mencari sumber-sumber tentang hujan fakta terakhir yang paling misterius dan mengejutkan ilmuan. Hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia untuk meresonansikan ingatan masa lalu. Dan tanpa bisa mendapatkan bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan “Di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yang rindu”.

Hujan adalah rezeki. Sesuai dengan firman Allah SWT :
Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh berkah lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam, dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun, untuk menjadi rezeki bagi hamba-hamba (Kami), dan Kami hidupkan dengan air itu tanah yang mati (kering). Seperti itulah terjadinya kebangkitan.” (QS 50 : 9-11)
Rezeki itu bukan uang saja tapi ketenangan, kedamaian, dan tersenyum juga rezeki. Ketika hujan datang dan kita ingat masa lalu, kita pun tersenyum-senyum sendiri, ada ketenangan dan kebahagiaan. Apalagi kalau sudah ada pelangi, indah tuh kalau di lihat, menjadikan suasana hati jadi damai dan tenang. hehe

Lumayan juga dapat ilmu dari hujan, ilmu juga bisa disebut rezeki juga kan? hahaa , kalau ditafaquri bersyukur atas turunnya hujan dan tahunya mamfaat hujan itu sendiri bisa disebut mengenal Allah lewat alam.. hahahaa

0 komentar:

Posting Komentar


Contac me : 0857-9-3434-637