8.11.2012

Setiap Agama Mengajarkan Tentang Kebaikan

Apakah ini sebuah alur cerita kehidupan yang sudah menjadi takdir? Atau murni perbuatan manusia? Atau kedua-duanya. Itulah yang terdapat dalam benakku ketika melihat perang antar agama, mulai dari saling menghancurkan tempat ibdah, membakar kitab agama lain, saling mencaci maki tentang tatacara ibadah dan Tuhan, bahkan keyakinan pun semakin marak diperdebatkan dengan argumen dari kitab-kitabnya dan kitab agama lain. Berdebat dengan melontarkan kritikan pedas yang menjatuhkan itu bukan ajaran dari setiap agama.

Yang saya heran itu ada salah satu ormas islam yang kerjaannya itu menggagu agama lain, bahkan tempat-tempat ibadah agama lain dihancurkan. Tujuan mereka untuk apa? Islam tidak mengajarkan seperti itu, mungkin saja hanya untuk kepentingan pribadi atau kepentingan politik. Dengan suara keras dan lantang mereka menghancurkan tempat ibadah agama lain dengan menyebut nama "Allah", seakan-akan merekalah yang paling benar. Tidak sepantasnya seperti itu, yang ada merusak citra agama Islam. Kalau sudah begitu, mana sisi ibadahnya? Didalam beribadah tidak boleh membawa naluri dan tidak boleh menyembah hawa nafsu.

Orang yang benar-benar paham akan hakikat agama adalah orang yang mengajarkan kebenaran, tetapi tidak mengganggap dirinya paling benar. Setiap orang sangat berharga dan sama pentingnya bagi Allah, terlepas dari jenis kelamin, ras, status sosial dll.
Ini pesan untuk para tokoh agama Islam, saya mengutip dari bukunya Karen Amstrong - Sejarah Tuhan :
"Nabi Muhammad tiak memandang dirinya tengah menegakan agama baru yang ekslusif dan berpendapat semua keyakinan yang mengarah kepada kebaikan berasal dari Tuhan yang esa. Namun, sejak abad ke 9 kaum ulama mulai melupakan pandangan ini dan mengetengahkan kultus islam sebagai satu-satunya agama yang benar".

Selama jantung ini berdetak, nafas ini berhembus, peperangan dimuka bumi ini tidak akan pernah selesai, termasuk peperangan dalam diri kita sendiri. 

0 komentar:

Posting Komentar


Contac me : 0857-9-3434-637